Cara membuat Surat Lamaran Kerja dengan Daftar Riwayat Hidup

Cara membuat Surat Lamaran Kerja dengan Daftar Riwayat Hidup
Surat lamaran kerja adalah sebuah tulisan atau surat yang ditulis oleh seseorang yang ingin mendaftar kerja di suatu perusahaan atau instansi tertentu.
Surat lamaran kerja yang ditulis oleh si pelamar haruslah memberikan gambaran tentang kualifikasi dirinya. Penulis surat lamaran hendaknya mematuhi ramburambu
sebagai berikut:
- Jika ditulis tangan, tulislah sendiri di atas kertas bergaris menggunakan kertas dengan kualitas baik
- Jika diketik, gunakan kertas HVS dengan jarak pengetikan 1 spasi.
- Bersih, tidak boleh ada coretan, bekas hapusan, tipex, dan koreksian.
- Sifatnya optimistis, artinya si pelamar akan mampu bekerja dengan baik.
- Sapaan yang digunakan dalam surat lamaran, yaitu “Ibu” atau “Bapak”, dan tidak boleh menyapa dengan kata “Saudara”/”Anda”.
Surat lamaran biasanya dilampiri bahan pertimbangan bagi si penerima. Penyebutan lampiran bisa di badan surat, bisa juga di bawah surat. Hal-hal yang perlu
dilampirkan adalah:
1) daftar riwayat hidup
2) fotokopi ijazah terakhir
3) surat keterangan kesehatan dari dokter
4) fotokopi surat keterangan berkelakuan baik
5) fotokopi sertifikat kursus
6) surat keterangan pengalaman kerja (kalau ada)
7) pas foto terbaru, dan lain-lain yang dipersyaratkan
Daftar Riwayat Hidup, disebut Curriculum Vitae disingkat CV, yaitu catatan tentang data pribadi si pelamar. Yang dicantumkan dalam daftar riwayat hidup adalah:
nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, kebangsaan, agama, tinggi dan berat badan, riwayat pendidikan, data orang tua (nama, pekerjaan, alamat),
pengalaman bekerja (bila ada), hobi, dan referensi.
Contoh 1: Surat Lamaran Model Terpisah dengan Daftar Riwayat Hidup
Hal: Lamaran Pekerjaan Purworejo, 19 Agustus 2007
Yth. Manajer Personalia
PT. Bata Sukses
Jalan Raya Purworejo Km. 03
Baledono, Purworejo
Nama
Tempat, tanggal Lahir : Purworejo, 25 April 1985
Alamat
mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Sekretaris di PT. Bata Sukses.
Saya adalah lulusan D3 Sekretaris Extention UI tahun 2007. Saya mampu berbahasa inggris lisan dan tulisan, selain itu saya dapat mengoperasikan software Word, Excel, dan Access.
Saya baru menamatkan pendidikan, oleh sebab itu saya belum memiliki pengalaman bekerja. Namun demikian saya yakin akan mampu melaksanakan tugas yang diberikan kepada saya dengan bekal ilmu pengetahuan yang saya miliki.
Untuk melengkapi surat lamaran ini, bersama ini saya lampirkan:
1. Fotokopi ijazah UI
2. Fotokopi sertifikat kursus komputer
3. Fotokopi sertifikat kursus bahasa inggris
4. Pas foto ukuran 4 x 6 (2 lembar)
5. Surat keterangan kesehatan
Atas pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,
Ahmad Sodikin
PO Box 4100
Jakarta 11048
Adapun keterangan mengenai diri saya adalah sebagai berikut:
Nama : Slamet Raharjo
Tempat, tanggal lahir : Wamena, 10 April 1975
Alamat : Jl. Gatot Sumpeno No. 21 Jakarta
Pendidikan : Tahun 1989 tamat SMP Negeri 10 Medan; Tahun 1992 tamat SMA
Negeri 58 Jakarta; Tahun 1996 tamat Akademi Perbankan Nasional
Jakarta.
2 tahun; Staf akuntansi PT Mugi Mulyo Jakarta selama 3 tahun.
Referensi : Drs. Sutejo, Kepala Bagian Personalia CV Central Pasifik Semarang,
tlp (024) 984638 / Wijaya, Akt. Akuntan PT Mugi Mulyo, Jakarta,
tlp (021) 552875.
Untuk melengkapi surat lamaran ini, saya lampirkan pula syarat-syarat yang diperlukan. Atas kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,
Slamet Raharjo
1. Fotokopi ijazah Akademi Perbanas
2. Fotokopi sertifikat kursus komputer
3. Fotokopi sertifikat kursus bahasa inggris
4. Surat pengalaman bekerja
5. Surat keterangan kesehatan
6. Pas foto ukuran 4 x 6 (2 lembar)
contoh daftar riwayat hidup perlu banget nih buat lamaran kerja, sangat bermanfaat. thank you gans.
sama-sama mas, mudah-mudahan cepat diterima amiin.